KMP Zoey Kandas Saat Hendak Bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Basarnas: Akibat Cuaca Buruk

 

Diduga karena cuaca buruk, KMP Zoey kandas saat hendak bersandar di Pelabuhan Bakauheni. Kapal ferry itu kandas di perairan Pulau Sindu, Lampung Selatan pada Minggu (20/2/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap membenarkan KMP Zoey kandas di perairan mendekati Pelabuhan Bakauheni. “Benar, tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB,” kata Saifulahil saat dihubungi, Senin (21/2/2022).

Kondisi terkini, KMP Zoey sudah dievakuasi dan bersandar di Dermaga 6 Pelabuhan Bakauheni. Sementara itu, Humas Basarnas Lampung Deni Kurniawan mengatakan, KMP Zoey berlabuh dari Pelabuhan Merak, Banten dan hendak bersandar di Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 20.10 WIB. Ketika mendekati pelabuhan, KMP Zoey berhenti sejenak untuk menunggu waktu sandar di perairan Pulau Sindu. “Diduga kondisi cuaca di lokasi sedang buruk, yakni hujan disertai kabut tebal,” kata Deni.

Namun, di saat menunggu waktu sandar tersebut, KMP Zoey mengalami kandas di bagian haluan. Deni menambahkan, Basarnas Lampung yang mendapat laporan mengenai kandasnya kapal penumpang itu langsung menuju lokasi menggunakan kapal tunda (tugboat).

Mulanya kapal tunda sempat kesulitan menarik KMP Zoey meski sudah berupaya hampir satu jam. Upaya evakuasi kembali dilakukan pada Senin (21/2/2022) sekitar pukul 09.07 WIB. “Pukul 09.17 WIB, KMP Zoey Berhasil lepas dari kandas dan selanjutnya KMP Zoey berlayar dan bersandar di Dermaga 6 Pelabuhan Bakauheni,” kata Deni.

Menurut Deni, seluruh penumpang dan awak kapal dalam kondisi selamat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *