Apa itu Fulfillment, Fungsi dan Cara Kerjanya dalam Dunia Bisnis?

Fulfillment- Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan jual beli online meningkat sangat pesat. Keberadaan marketplace dan ecommerce memudahkan pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Lantas, apakah semua berjalan baik-baik saja?
Kenyataannya tidak. Berbagai masalah dialami oleh pebisnis dalam mempermudah proses bisnis mereka. Salah satu hal yang vital adalah pemenuhan pesanan kepada pelanggan. Tentunya, hal ini sangat menghabiskan waktu.
Bagaimana tidak, kamu harus memproses orderan dari pelanggan, kemudian melakukan pengemasan barang hingga pengiriman. Semuanya harus dilakukan secara manual. Cara paling efisien adalah dengan mempekerjakan pegawai.
Bagi pebisnis yang orderannya sudah mencapai limit yang tidak bisa dihitung lagi, bagaimana cara mereka melakukannya?
Usut punya usut, kini ada metode baru bernama fullfilment center dimana kamu bisa berjualan dengan lebih mudah. Maksudnya gimana?

Apa Itu Fulfillment?

Jadi, ini adalah sebuah gudang ‘bersama’ dimana semua pebisnis bisa menempatkan stok mereka disana. Dengan begitu, pebisnis gak perlu repot-repot lagi menyiapkan gudang sendiri.
Semua proses langsung diurus oleh pihak fulfillment center sehingga pebisnis hanya berfokus kepada penjualan saja.
Setelah berada di dalam gudang ‘bersama’, proses akan diserahkan kepada pemilik gudang, mulai dari pengambilan, pengemasan hingga pengiriman.
Pebisnis tinggal duduk santai menunggu orderan masuk saja.

Bagaimana Cara Kerja Fulfillment Center?

Pada umumnya fulfillment center memperoleh pesanan dari toko online atau bisa juga langsung dari marketplace melalui sistem yang terintegrasi, sehingga ketika ada pesanan di platform penjualan atau marketplace seperti tokopedia atau shopee , data pesanan nya akan diterima oleh fulfillment centere.
Fulfillment center memiliki system dan resource untuk mengatur dan mengawasi pergerakan produk di gudang. Kelebihan fulfillment center dibanding gudang umum mulai terlihat disini dimana pada fulfillment center satuan terkecil yang bisa di atur adalah pieces atau retail, sedangkan pada gudang umum biasanya hanya hingga satuan karton / ctn.
Fulfillment center memiliki spesialisasi dalam layanan ambil dan kemas produk untuk langsung ke konsumen atau end user, sedangkan gudang umum pada pelaksanaannya hampir tidak ditemukan proses pengemasan.


Proses pengiriman di fulfillment center juga memiliki perbedaan dengan gudang umum , pada fulfillment center, ada banyak kurir logistic umum seperti JNE, Sicepat akan mengambil barang di gudang, sedang pada gudang umum seluruh pengiriman umumnya hanya dilakukan oleh armada sendiri atau logistic yg memiliki kontrak ekslusif dengan gudang.

Fulfillment, Solusi Untuk Gudang Kamu

Ini merupakan sebuah solusi dari permasalahan yang paling sering dialami oleh para pebisnis. Buat mereka yang suka mengeluh stoknya rusak dan kesulitan mengelola gudang, ini adalah sebuah cara terbaik untuk mengatasi masalah mereka. Fulfillment ditujukan untuk para pebisnis di berbagai sektor mulai dari B2B, B2C, B2E dan sebagainya.
Tidak takut dengan masalah penyimpanan barang akan dijaga agar tetap aman serta dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Tidak pusing lagi memikirkan packing karna fulfillment menawarkan jasa packing dengan sangat rapih sehingga akan sangat berdampak bagi kepuasan pelanggan.
Quality Control yang sangat baik, karna sebelum barang memasuki gundang dan pengiriman ke customer barang di pastikan tidak ada cacat atau kerusakan.
Proses pengiriman akan lebih cepat sampai.
Kira kira begitulah tentang fulfillment center Untuk kamu yang mempunyai bisnis online dan mengalami kesulitan dalam mengelola orderan, tempat penyimpanan tidak cukup, masalah packing serta pengiriman mungkin kamu perlu coba fulfillment service.